Rabu, 11 April 2012

Vitamin B, Obat Pegal dan Nyeri Otot


Tidak banyak dari kita yang menyadari betapa pentingnya vitamin B dalam tubuh manusia. Ada delapan jenis vitamin B yang semuanya larut dalam air. Yaitu :
Karakteristik ini menyebabkan vitamin B mudah diserap dan habis dalam tubuh kita sehingga harus segera diganti secara rutin.

Ini artinya vitamin B tidak dapat disimpan dengan baik dalam tubuh. Kekurangan vitamin B secara umun menyebabkan rasa letih, stres dan tidak bertenaga.

Apabila digunakan secara kombinasi vitamin B memiliki efek sinergis sehingga memberikan lebih banyak manfaat.

Vitamin B1, B6 dan B12 dikenal juga sebagai vitamin syaraf dan otot karena manfaatnya yang cukup besar untuk redakan nyeri syaraf dan nyeri otot.

Banyak obat yang beredar dipasaran yang mengbinasikan ketiga vitamin ini dengan indikasi mencegah dan menyembuhkan keadaan kefisiensi vitamin neurotropik, gangguan sistem syaraf (neuralgia), neuritis perifer, neuritia optik, polineuritis, nyeri dibahu, pinggang dan tulang punggung.

Kehadiran vitamin B kompleks secara umum mampu meningkatkan metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga sistem kondisi syaraf manusia, dan mendorong pertumbuhan sel-sel yang dapat membuat kulit dan otot kita lebih sehat.

Meskipun bekerja secara bersamaan, masing-masing vitamin B dalam B kompleks memiliki fungsi yang berbeda-beda namun saling melengkapi.


Sumber : Majalah Info Obat Edisi 16 Agustus - 15 September 2008

2 komentar:

  1. mantap pak boss. Jadi tambah ilmu dari blog pak boss. Salam kenal...

    BalasHapus
  2. Terima kasih,,, ini info bagus buat kami para ibu, kan biasanya cape tuh kalo ngurus rumah tangga

    BalasHapus